Tuesday, April 21, 2015

Bika Talago

Hari ke tiga perjalanan wisata Padang Bukittinggi merupakan perjalanan hari terakhir. MenujuPadang dari arah Maninjau singgah di tepi telaga, melihat proses pembuatan kueBika. 

Kue bika ini terbuatdari bahan dasar tepung beras, parutan kelapa dan gula. Bahan tersebut akan diolah menjadi adonan yang kemudian di “lemparkan’ dalam kuali kecil dari tanahliat. Tentu saja tidak asal lempar, tentunya dengan ‘takaran” dan kecepatanyang sudah terlatih sehingga membentuk bulatan sekitar lima sentimeter , adonandi “lempar” pada lembaran daun pisang yang telah diletakkan pada kuali terlebihdahulu.  Terdapat lima calon kue bikapada setiap kuali. Setelah di dalam cetakan itu barulah akhirnya di panggangdengan kayu bakar. 

Yang unik lainnyaadalah saat proses pemanggangannya. Kayu bakar akan berada di atas pemanggangdan  didalam kuali, jadi pada dasarnya dipanggang dengan apai di atas dan di bawah.
Pada  gerai tempat singgah terdapat 2 jajarankulai, masing-masing sepulh kuali. Jadi terdapat 20 kuali. 

Dijual seharga Rp3.000 per buah, kue ini laris , karena tidak hanya merupakan kue yang khas,namun juga proses pembuatannya mempunya daya tarik tersendiri.
Kayu bakardipersiapkan di atas jajaran kuali, pemanggang mengambil kayu dengan capitan dan memainkan dulu di udara laiknya seorang bartender.




No comments: