Saturday, April 28, 2007

Rokok dan kanker


Apa saja komponen rokok?
tanpa-pita-suara.blogspot.com

Rokok dibuat dari tanaman tropis Tembakau (Nicotiana tobaccum).Apabila dibakar, asap yang dihasilkan mengandung kurang lebih 4000 racun dengan 3 komponen utama yaitu Nikotin yang menyebabkan ketergantungan, TAR yang bersifat karsinogenik (pencetus kanker),dan karbon monoksida yang menyebabkan gangguan sistem pernafasan. Selain itu komponen2 lain yang terdapat di dalam rokok :
- Fenol (bahan pembersih lantai) - Aseton (bahan pembersih cat kuku) - Arsen (bahan racun tikus) - Merkuri (penyebab penyakit minamata) - Hidrogen Sianida - Formalin (bahan pengawet mayat) Bahan2 di atas dapat memperbesar resiko anda terkena kanker.


Bagaimana rokok dapat menyebabkan kanker?

Apabila anda menyalakan rokok dan menghisapnya, maka ratusan, ribuan, bahkan jutaan molekul2 radikal bebas masuk ke dalam tubuh anda. Apa itu radikal bebas? Free Radicals(FR) adalah suatu senyawa yang kehilangan elektron bebasnya sehingga bersifat sangat reaktif, apabila FR masuk ke dalam tubuh FR cenderung mencuri elektron dari tubuh, proses ini menyebabkan cedera pada membran sel dan inti khususnya paru-paru sehingga terjadi kelainan dan kecacatan pada DNA. Apa akibatnya? Terjadilah proses pembelahan sel yang abnormal dan tidak terkendali dan terjadilah tumor/kanker. Selain asap rokok, lingkungan kita juga menghasilkan FR antara lain : Sinar UV dari matahari, gas buangan kendaraan bermotor, smog, asap masakan, dsb.



Keterangan gambar:
Kanker laring yang telah lanjut, telah mencapai permukaan leher dan menyebar pada kelenjar getah bening. Pada awallnya, kanker laring tumbuh dekat pita suara, sehingga menyebabkan suara serKk atau gangguan lain pada suara.






Apakah anda perokok ?
Bagaimana suara anda ?

Kanker pita suara 90 % disebabkan karena rokok

Berita baiknya : kebiasaan merokok, dapat dihentikan

http://www.cancer.gov/publications

Bila di jumpai pada stadium dini, pita suara di angkat/ di operasi dan selanjutnya bernafas melalui lubang pada lehe


Berita baiknya : masih bisa berkumpul dengan keluarga dan kemampuan bicara (meskipun tanpa pita suara) dapat diperoleh kembali dengan berlatih,



Perhimpunan Wicara Esophagus (PWE) bisa membantu anda. PWE merupakan perhimpunan para tanpa -pita-suara, yang berlatih bersama di RSCM tiap hari rabu. Tak hanya bisa bicara, menyanyipun sudah mampu

http://tanpa-pita-suara.blogspot.com



No comments: