Tuesday, June 14, 2011

Curug Jaksa Cibereum: dekat di kaki, sejuk di hati


<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE


Lelah setiap hari duduk setidaknya satu jam saat perjalanan berangkat kerja, dan terkadang dua jam saat pulang, jadinya ingin jalan kaki yang berkualitas. Minggu terakhir bulan Mei 2011, ke Taman Safari Indonesia Cisarua menjadi agenda , dengan tujuan utama air terjun Curug Jaksa.

Sampai sekitar pk 10 pagi, segera lepas dari alur hewan, segera menuju Curug Jaksa. Setelah parker mobil, dilanjut dengan jalan kaki menuju area Curug Jaksa, sekitar 150 meter dari parkiran mobil. Diawali dengan duduk sejenak di “kantin” mungil di ujung pintu masuk yang siapun belum, kami memesan minuman hangat dan membelikan sarapan asisiten wara-wiri khusus minggu.

Jalan tak terlalu mendaki, dibuatkan jalur yang nyaman sehingga tak perlu kuatir kelelahan karena terlalu terjal. Wah, air jernih memercik membuang seminggu kelelahan. Adem…..

Menurut tulisan pada kantin tempat kami singgah, Curug jaksa terletah di lembah gunung Pangrango, dan merupakan kawasan pertama yang ditetapkan sebagai cagar alam.

Jalan kembali berbeda dengan jalan menuju Curug, dibuat dua jalur dengan catatan yang satu lebih curam. Bungsu takut saya jatuh, saya dan sulung diharuskan kembali lewat jalan yang tidak curam.

Patut untuk dikunjungi kembali, karena saya belum sempat mengamati flora dan fauna sekitar curug. Hmmmmm, lagipula (untuk saya) dekat di kaki….., untuk membiasakan berjalan kaki, untuk persiapan menurunkan berat badan………..

No comments: