Thursday, August 17, 2017

Menyusuri jejak ibu: Ibu ku yang TRIP





Tidak ada kata terlambat. Saya baru mengenali ibu bukan perempuan biasa. Seingat saya sejak saya kecil ibu kerap menyebut tentang TRIP, namun lewat di kuping tanpa kesan. Kalau tidak salah malah pernah piknik bersama teman yang (mungkin) TRIP. Di malang kami tinggal di jalan Rinjani, yang ujung nomer besarnya  nyaris tegak lurus  Taman makan Pahlawan.

Makam ibu ada bendera merah putih, tetap belum mengusik saya. Kakak saya tiap tahun memberi saya kalender TRIP, oke lah. Senang saja.  Baru saat belum lama ini saya mulai membuka album lama, mendapati album keluarga, album yang merekam jejak bapak. Setelah saya scan menghasilkan gambar yang mudah dicermati dan menggungah.

Kakak lelaki mulai menshare foto yang saya up load di face book. Lama kelamaan ada teman kakak, mas Rudy menjadi teman setelah beberapa kali like foto muatan saya. Lnjut saya diundang di grup wa MasTrip. Wa…, saya mulai mengenali nama yang sering disebut ibu. Mas Trip saat ini didominasi putra-putri Mas Trip.  
Hati ini, 17 Agustus 2017, Agustus istimewa buat saya. Sengaja saya siapkan baju nuansa merah putih. Menolak undangan peringatan di kantor dengan resiko apapun He…keberanien ya. Mencermati makam ibu yang ternyata tidak hanya bendera, namun ada tulisan nomer anggota TRIP pada kepala nisannya.

Ibu ku TRIP
Ibu ku Pahlawanku







No comments: