Friday, May 28, 2010

Team work : ketika kura-kura berlomba dengan kelinci



Kiriman teman. Terima kash mas AHP

Untuk menggambarkan hebatnya team work , ada metafora menarik. Analogi kiah tentang kehidupan dua binatang , kura-kura dan kelinci.

Berikut dongengnya :

Satu hari kelinci mengajak kura- kura adu lari. Lombapun dimulai, kelinci langsung memimpin jauh di depan kura- kura. Kelinci menoleh, dilihatnya kura-kura masih jauh di belakang. Merasa menang, kelinci berhenti, tidur-tiduran, akhirnya malah ketiduran. Sedangkan kura- kura tetap “berlari” , bahkan melewati kelinci yang sedang tertidur. Kura-kurapun menang. Kelinci menangis, karena malu dikalahkan kura-kura. Kura-kura menghibur kelinci sambilberkata , “ lain kali kamu harus hati- hati dengan falsafah kehidupan kami , alon- alon asal kelakon “

Kelinci minta diadakan pertandingan ulang. Kura-kurapun setuju. Begitu aba-aba start dimulai , kelinci lari sekencang-kencangnya. Kali ini si kelinci mengerahkan seluruh kemampuannya dan focus pada garis finish. Kelinci tidal menoleh ke belakang dan duduk – duduk santai. Kura-kura mengucapkan selamat atas kemenangannya. “Falsafah alon-alon asal kelakon bisa dikalahkan dengan kesungguhan, semangat, focus pada tujuan akhir yang hendak dicapai”.

“Wah, kedudukan satu-satu ya ,” seru kura-kura. Untuk menentukan pemenangnya pertandingan digelar kembali. Kali ini kura-kura menentukan rute pertandingan. Merasa bahwa kemampuan larinya jauh lebih cepat dibandingkan kura-kura , kelinci menyetujui tawaran kura-kura.

Pertandingan dimulai. Kelinci langsung melesat memimpin pertandingan. Namun di tengah perjalanan sang kelinci berhenti karena rute yang harus dilewati adalah sungai yang sangat lebar. Dan, sampailah kura-kura di tepian sungai dan menyapa si kelinci yang sedang gelisah, “ Maaf ya , saya nyebrang duluan.” Di pertandingan ke tiga ini kura-kuralah yang jadi pemenang. Untuk kedua kalinya kelinci menangis.

Kura-kura mendatangi kelinci. Sambil terisak kelinci berkata kepada kura-kura, : Ternyata kalau kita ingin memenangkan pertandingan kita harus bersaing seuai dengan core competence kita , ya “

Untuk menghibur kelinci, Kura-kura kemudian memberikan tawaran kepada kelinci. “ bagaimana kalau kita berlomba lag. Kali ini tidak ada yang kalah, semuanya menang. Caranya ,ketika di darat, kamu gendong saya. Ketika di sungai, saya gendong kamu,” kata kura- kura. Kelinci menerima tawaran kura-kura . ternyata pada pertandingan ke empat, waktu tempuh jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Akhirnya, kedua binatang itu sepakat bahwa kerjasama antara core competence yang berbeda akan menghasilkan prestasi yang jauh lebih baik. Yang lebih penting lagi, tidak ada yang merasa dikalahkan.

Bagaimana dengan perusahaan/ organisasi kita. Apakah kita masih saling bersaing di hadapan bos/ atasan? Kita merasa lebih hebat disbanding yang lain. Sepertinya filosofi kura-kura dan kelinci bisa kita jadikan pelajaran. Masing-masing dari kita (antar departemen/ kesatuan) memiliki core-competence yang harus dimaksimalkan , bukan justru atas nama “mencari muka” kita saling “menarik”, tidak saling mendukung. Memaksimalkan core competence perusahaan/ organisasi akan menjadikan perusahaan/ pribadi kita akan semakin hebat, bukannya sebaliknya.

Lebih baik kita menunjukkan potensi terbaik yang kita miliki pada kelemahab orang lain. Akhirnya

“TEAM : Together Everyone Achieve More” benar-benar terjadi.

Terima kasih kelinci, terima kasih kura-kura.

No comments: