Tuesday, June 27, 2017

Mobil Bapak: Toyota dan rambutan


Saya ceriterakan kenangan masa kecil. Kisah ini pernah saya tulis di blog saya tahun 2007. Saya kisahkan kembali, karena saya menemukan foto mobil dinas bapak. Toyota.
Saat SMP, kami masih tinggal di kompleks Gelora Senayan , bertetanggaan dengan Rudy Hartono, pada awal kariernya. Kalau sore, Rudy main disekitar rumah. Tepat sisi kiri ,rumah pak Osa Maliki, ke dua rumah kemudian Jen Sudirman, ayah pak Basofi Sudirman. Kedekatan rumah dan kedekatan ayah saya dan pak Sudirman membawa banyak kenangan, salah satunya peristiwa rambutan.


Kami sering ke Bandung, dan ayah saya senang menyopir sendiri. Pak Dirman (begitu kami menyebut), punya rumah di Bandung. Kalau kami ke Bandung beliau menitipkan sesuatu untuk putrinya , mbak Ida. Mobil kami saat itu jip Toyota, dengan pintu bukaan di belakang.
Perjalanan ke Bandung saat itu cukup lama di tempuh. Entah apa yang dipikirkan ibu Sudirman, beliau menitipkan seonggok besar rambutan, rambutan rapiah pula. Kebayang tidak, 2 murid SMP, dan 1 murid SD, duduk menghadapi rambutan di depan mata. Wah, tentu saja sang rambutan jauh dari keselamatan. Baru keluar kompleks, kami bertiga sudah mulai menyantap, ibu saya senpat marah, ayah saya bilang boleh. Ibu sampai meminta ayah saya berhenti sejenak dekat jembatan Semanggi , beli rambutan sendiri. Tetap saja yang termangsa kami lebih besar dari pasokan ibu, dan saat menyerahkan di Bandung, mbak Ida menawarkan untuk mengambil beberapa ikat. Tak perlu dua kali ditawarkan, langsung disambut ayah saya.


Lho, rupanya ayah saya juga ingin menikmati rambutan seperti yang kami lakukan sepanjang jalan, padahal kami sudah “menyuapi” rambutan sambil ayah saya menyopir.


Kurang ni ye ………………………..


( Bapak dan ibu Sudirman tetap tidak kapok, titip terus, dan kami makan terus. Jangan-jangan kirimnya banyak, karena sebagian memang untuk kami ya. Hallo Dr, dr Laila Nuranna SpOG, apa kabar).

Pada foto, jeep Toyota asli dari kisah ini.

Nampak adik lanang dan Bapak, serta ibu di dalam mobil.

No comments: