Sunday, March 28, 2010

Binahong, herbal obat luka


Senangnya punya rumah praktek dengan konsep tamu-tamuan, bisa sambil barter pengetahuan dengan pasien ataupun keluarganya. Tahu saya senang dengan sesuatu yang alamiah ,u ibnya Yusuf, (Yusuf pasien remaja saya), saya ditawari Binahong.

Yusuf dan ibunya menyebutkan sebagai Minahong, namaBinahong saya dapati saat jalan-jalan di Google. Ternyata berasal dari Cina , nama Cinanya teng san chi. Nama kerennya Anredera cordifolia (Ten.) Steenis.

Nama tanaman ini tersebut setelah kami membicarakan tentang daun saga yang rasanya seperti obat batauk. Ibunya Yusuf menyebutkan Binahong juga tanaman obat untuk paru . Dikunyah 11 lembar sehari, penyakit paru adiknya sembuh dalam seminggu. Mengapa sebelas lembar, saya belum tanya, tetapi ayahnya Yusuf mengatakana, obatnya keras bu dokter.


Selain untuk obat paru, keluarga Yusuf menggunakan untuk obat luka, bahkan luka setelah khitan.

Saat berbincang dengan pasien di rumah sakit saya gawe di pagi hari, siibu menggunakannya sebagai obat penyakit kulitnya.

Tanaman ini konon banyak dipekarangan, sebagai tanaman liar merambat, atau bila dibudi dayakan, dirambatkan pada Gazobo.


Tanaman saya masih kecil, senang juga ya punya gazebo dengan tanaman obat.

1 comment:

dudick lahenda said...

sekitar bogor, kalau ada yang membutuhkan 'bibit' binahong dan sirih merah gratis hubungi Duduck 081553258296...jln.wangun 385 E (dealer HONDA) ciawi-tajur Bogor