Sunday, March 21, 2010

Hotel Majapahit (alias Yamato alias Oranje)Surabaya



foto Presidential suite dari arah kamar yang saya inapi.

Undangan berbicara pada workshop, di Surabaya, hotel Majapahit, awalnya saya terima dengan biasa- biasa saja. Ngga pernah (merasa) dengar hotel Majapahit, malah sempet saya cari info, di mana (posisinya) ? Dari pokoknya hotelnya sama dengan tempat harus bicara, saya menjadi males kemana-mana, nyaris setiap jengkalnya patut di abadikan .

Hotel di jalan Tunjungan ini awal muasalnya bernama hotel Oranje. Dibangun tahun 1910, jaman londo-londo masih jadi ndoro tuan gitu, ya cocok saja. Berubah jadi hotel Yamato saat pendudukan Jepang di Indonesia. Pada kisah- kisah sekitar kemerdekaan , ada cerita heroik, perobekan warna biru (pada ) bendera Belanda, yang terjadi di hotel Yamato. Wah, saya menginap di hotel bersejarah. Rasanya jadi kurang menginap selama tiga malam (sejak 18 Maret 2010) . Bangunan bersejarah yang sangat terpelihara ini, sejak Desember 1996 telah menjadi “ a national Heritage Landmark of Indonesia”. Saya mendapat kamar nyaris berseberangan dengan Presidential suite. Hotel berkamar 143 ini luas kamar terkecilnya 38 meterpersegi, Presidential suite merupakan kamar terluas, 800 meter persegi.

Sekitar pertengahan tahun ini hotel bintang lima ini menyambut usianya yang ke 100.

No comments: