Thursday, July 14, 2011

Sate Kambing Batibul Tegal Bang Awi






<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

Jumat ke dua bulan Juli 2011, malam hari berangkat dari Jakarta, sampai di Tegal sekitar pk 10 esoknya, tiga ibu yang “berpetualang” , saat menunggu dijemput, di emper ruko belum jadi arah belakang setasiun Tegal sudah merancang brunch. Dipandu dr Iwil, kami memilih sate dan sop kambing Batibul. Nyonya rumah, dr Tini Bimo dan putrinya, yang menjemput kami dari kediamannya di Pangkah-Slawi, membawa kami ke Sate batibul bang Awi Jalan Raya Ujung Rusi Adiwerna, Tegal.

Sepanjang jalan, dr Iwil mencekoki saya dengan dongeng keistimewaan kambing batibul, yang (ternyata) bila dipanjangkan bawah tiga bulan. Empuk, kata bu Iwil, iyalah, lha belum tua. Tiba di tempat, saat para teman mengunjungi wilayah perairan alias toilet, saya berkeliling membuat foto. Saya nurut saja, dipesankan apapun. Terkisah, pesan sate di Tegal bukannya per tusuk, atau 10 tusuk per porsi, tetapi kodi. He, saya ngga mengikuti perkodian, saat makanan dipesan saya mengamati jajaran teh. Tegal, identik dengan teh, saya dapati tehnya harum, tanpa apek, betul-betul segar. Saya tentu saja senang saat dipesankan teh lengkap dengan pocinya, dengan gula batu.

Hidangan muncul serentak, sate kambing disertai kecap dengan potongan tomat dan bawang merah. Sop kambing dengan wotel segar, tidak lodoh kematengan. Dr Tini Bimo sebelumnya sudah menjelaskan, kuah sop yang mendidih, dituangkan pada potongan sayur, hingga sayurnya sangat segar. Pada mangkuk sop, daging kambing masih melekat pada tulang, tulang yang kecil, karena kambingnya memang masih kecil.

Sate kambingnya empuk, tidak terasa lemak yang biasa mengganggu dan tanpa prengus. Tidak sempat menanyakan bumbu, saya search bumbu batibul, lho, ada susu kambing pada bumbu perendam daging.

Sruput……teh Tong Tji melengkapi brunch kami.

He, ada cabangnya di Saharjo,mudah terjangkau dari RSCM. Monggo, kalau berminat, jangan lupa jemput saya ya……






No comments: