Thursday, March 22, 2012

Toilet di Alun-Alun Wonosobo



Minggu ke dua bulan Maret 2011, saya mengunjungi alum-alun Wonosobo, acara yang diatur bu Elly dan suami, dr Dimyati Ahmad SpB. Sukses mengitari nyaris tiga perempat alun-alun Wonosobo, bu Elly Dimyati mengajak sarapan di Soto pak Broto. Gerai soto pak Broto ini terletak dekat sudut Tenggara alun-alun. Pada sudut ini ada “bangunan” kuning menarik mata, ternyata toilet!

Wonosobo terkenal sebagai kota yang bersih. Alun-alun menjadi ikon kota dan tempat pertemuan warga. Saya jumpai penuh aktivitas, olah-raga, bertransaksi mulai makanan hingga peralatan rumahtangga termasuk furniture. Terbayang jumlah manusia yang berada di alun-alun dan sekitar, namun mendekati pk 8.00 , saya jumpai toilet yang tetap bersih, tak tercium bau yang tak diinginkan. Toilet yang disediakan Dinas Pekerjaan U,um (DPU) ini tidak di “sembunyikan” , terletak pada sudut yang nampak dari segala arahm dihiasi tanaman hijau disekitarnya.

Tentu saja kebersihannya tidak saja dijaga oleh petugas DPU, namun juga dengan disertai partisipasi warga, yang peduli kebersihan.

Bravo Wonosobo !

No comments: