Tuesday, May 9, 2017

Malang - sekitar 1958: Menyusuri Jejak Bapak

     Pada album yang sama dengan album PERMESTA, saya menemukan foto bapak rapat bersama (seorang) pejabat, sepertinya berbincang serius. Saya menduga dengan Walikota. Saya cari dan cocokkan dengan foto walikota Malang, ternyata foto ayah saya dengan Walikota pertama masa kemerdekaan, bapak M. Sardjono Wiryohardjono, yang menjabat walikota Malang, sejak tahun 1945 hingga tahun 1958. Foto ini terpasang sebelum foto-foto masa PERMESTA. Ada yang unik pada daftar Walikota Malang. Tahun 1947 hingga tahun 1950 ada 2 walikota Malang, selain bapak M Sardjono. Disebut sebagai walikota federal, tahun 1947 - 1948 terbaca nama Amidarto. Selanjutnya R. Soehari Hadinoto tahun 1948- hingga tahun 1950.
     Bapak sependengaran saat kecil (?) yang kemudian saya ingat, saat itu konon menjabat Komandan Kota Besar Malang (?) . Minggu mendatang,19 Maret saya tanya kakak dan sepupu yang saat itu lebih besar. Saya lahir tahun 1954. Ayah saya sepertinya cukup aktif. Saya ingat lamat-lamat, saya dipangku ayah saya, nonton wayang Po Te Hi di Klenteng. Bapak duduk di deretan depan, saya memandang ke atas, mengamati. Saat ada "sirkus", saya ditidurkan di stroller, didorong anjing herder besar. Mrngelilingi tempat acara yang melingkar. Saat itu saya merasa senang.
     Saya senang wayang Po Te Hi, mungkin karena saat kecil nonton ya. Saya juga pernah dibelikan herder besar, saat bapak di Irian Barat. Sepertinya "sogokan" agar saya tidak rewel ditinggal ibu menemani bapak di Soekarnapura - Irian Barat.
Luv U bapak.

No comments: