Tuesday, January 26, 2010

Republik telo


Telah berdiri satu republik lagi dalam kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mungkin di proklamirkan sejak munculnya bakpao telo , yang saya jumpai lebih dari setahun lalu saat berkunjung ke Malang. Bakpao telo ditemani para kerabatnya, roti kukus , brownies, ice cream dan entah apa lagi. Pada perjalanan ke Malang di sabtu malam , dokter yunior , peserta program doktersesialis mengantar ke Malang , saya paksa singgah di Lawang, ibu kota Republik Telo.








Republik telo memberi kejutan buat saya, ternyata tempatnya luas. Saya bukan pengira yang baik , jangan tanya ukurannya dalam entah meter persegi atau apapun. Kejutan belum selesai, saya temui mie telo, ungu dan putih dan mie lain. Mie bayam yang berwarna hijau, mie wortel yang berwanra kuning cerah, mie seledri, dan mie bawang prei. Mie kering ini dalam kemasan dengan deg-degan saya bawa ke Jakarta, takut remuk. Saya sudah memasak tiga macam, untuk lauk makan siang bersama para asisten penelitian. Enak juga kok, layak dicoba dan dilestarikan untuk diversifikasi pangan.







No comments: