Tuesday, November 10, 2015

Day 19 in NTUH Cardiopulmonary Exerciser

Pagi ke 19 @Taipei
Senin ke 3. 20 Juli 2015
Berhasil ke Taipei Zoo di hari Minggu.
Berniat berangkat sekitar pk 9, namun menjadi lebih siang. Waktu banyak tersita karena membersihkan hp dari gambar-gambar yang tersimpan kiriman teman wa group.Akhirnya menjelang pk 11 baru meninggalkan dorm.
Ini bukan pertama kali menggunakan MRT, tetapi baru kali ini harus berubah jalur. Ada 5 jalur MRT di Taipei, yang akan bersilangan di station transfer.
Perjalanan ini melewati 11 statoin antara NTUH dan Taipei Station. Jadi keseluruhan terdapat 13 station. Taipei Station terletak pada ujung Wenhu line. Station transfer terletak pada station ke 4 sesudah NTUH. Pada Daan Station.
Menurut petunjuk dari mr Erik hari Sabtu setelah Work Shop, Easy Card untuk MRT bisa untuk membayar ticket masuk Taipei Zoo. Tidak tahu harga ticket dan tak tahu ongkos pulang pergi ke Taipei Zoo, saya menambahkan NTD 100 pada kartu. Posisi saldo saya pada NTD 264.
Tepat pk 11.14 saya di platform NTUH, mencari yang menuju arah Xiangshan. Tak lama MRT datang, padat sekali di hari Minggu. Pegang peta, saya cermati perjalanan. Sebelum Daan Station yang merupakan station transfer line yang menuju Zoo, MRT saya melalui 2 station transfer yang lain.
Tiba di Daan statin saya turun. Jelas terpampang tulisan transfer dengan tujuan Taipei Zoo. Saya ikuti arah. Beberapa kali berbelok dan naik eskalator cukup tinggi. Line setelah Daan ternyata pada permukaan.
Berdiri pada platform, saya segera masuk saat MRT datang. Berjalan menuju satu station berikut, saya sadari ini salah arah. saya sudah mendapat arahan dari prof Chen, tak apa tinggal turun dan ganti arah. Ini sering terjadi, bahkan pada orang Taiwan sendiri. Saya segera turun di station berikut dan mengambil arah yang berlawanan. MRT nya memang sejajar, tapi bertolak belakang. Jadi naik dulu, menyeberang, turun lagi. Saat berpindah, berjumpa 2 perempuan Cilacap, pahlawan devisa, yang selanjutnya menjadi teman perjalanan saya hingga pulang.
Tiba di Taipei Zoo dan keluar exit 1. Ticket NTD 60 dan bisa menggunakan Easy Card. Baru di area Dunia burung, hujan deras turun sehingga perjalanan tak sempat dilanjutkan melihat binatang besar maupun ke Maolong Gondola untuk naik gondola.
Pulang menjelang pk 15. Masuk kembali ke Taipei Zoo station. Perjalanan pulang lancar. Mencermati jalur MRTyabg akan di naiki yang tertera pada platform. MRT cenderung kosong sehingga dapat kursi sejak awal.
Tarif MRT rupanya tertera pada suatu peta. Dari NTUH ke Taipei Station NTD 30. Jadi pergi pulang NTD 60
Alhamdulillah tiba di platform NTUH pk 15.20.

Taiwan: Work hard. Eat hard

Jam kerja di NTUH mulai pk 8. Menjelang pk 8, orang bergegas ke tempat kerja. Namun nyaris semua orang, lelaki maupun perempuan, tak sungkan membawa “tentengan”. Tentengan yang ternyata berupa makanan, untuk sarapan dan terutama lunch.

Waktu kerja sd pk 17. Namun pukul 12 teng, semua istirahat. Pasien juga istirahat. Lunch semua. Saya pernah mencoba ke lt 2 tempat exercise proram kardiorespirasi, pintunya dikunci, lampunya mati.

Terbaca melayani 2000 pasien rawat inap dan 8000 pasien rawat jalan setiap harinya, ditambah sekitar 4000 karyawan, terbayang penuhnya rumah sakit. Semua perlu makan siang. Pada basement di New Building,terdapat gerai makan yang selalu penuh. Sehingga pada jam makan siang, selalu ada 2 kelompok yang menjual makanan untuk di bawa. Barangkali kalau di Iindonesia nasi kotak. Satu kelompok mungkin untuk para dokter dan karyawan, yang memberikan  3 pilihan. Semuanya berharga NTD 80, pilihannya pada jumlah kalori yang diinginkan, serta buah ynag dijual dengan harga NTD 10. Satu kelompok lagi, dengan harga NTD 150, untuk umum.
Semua makanan yang ada di food court selain tercantum harga,tercantum jumlah kalori.

Work hard, eat hard? Yes……

No comments: